Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LIBUR Lebaran usai, Ibukota mulai menggeliat lagi. Bagi sebagian orang, libur Lebaran yang memakan waktu lumayan lama, lebih dari 1 minggu, membuat mereka susah move on alias malas untuk bergerak (mager). Dalam istilah kerennya disebut post holiday blues.

Memang tidak mudah untuk kembali ‘bergerak’ usai libur panjang. Tapi, buat kamu yang bisa bangkit dari post holiday blues ini, patut diacungi jempol.

Lalu, bagaimana cara mengusir susah move on ini?

Psikoterapi asal Amerika Serikat Gina Moffa mengatakan, perasaan seperti ini umum muncul selama beberapa hari ketika kembali menjalankan rutinitas sehari-hari usai berlibur.

Tapi, dampaknya bisa berlanjut dalam waktu panjang karena memengaruhi suasana hati dan dapat menurunkan produktivitas, bahkan menimbulkan perasaan cemas serta depresi.

Perasaan ini bisa dialami siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Bagi orang dewasa, mereka umumnya akan merasa tidak termotivasi untuk kembali bekerja karena berubahnya rutinitas.

Ketika mempersiapkan liburan atau sedang liburan, akan muncul hormon-hormon yang membuat kita bersemangat dan memicu adrenalin. Ketika liburan usai, itu yang membuat kita enggan beralih dan bahkan merasa sedih, karena perubahannya cukup tiba-tiba.

Lima langkah atasi post holiday blues

Agar tetap bersemangat, kerjakan lima cara berikut ini:

1. Terapkan pola hidup sehat

Sepanjang Lebaran kemarin, tentunya banyak makanan yang tidak sehat yang dikonsumsi sehari-hari, yang akhirnya menimbulkan rasa cemas dan stres. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat dan jika perlu lengkapi dengan suplemen.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Lakukan olahraga sebelum atau sesudah bekerja, seperti jogging ringan, tidur yang cukup dan berkualitas, atau sekadar main bulutangkis dengan anak atau pasangan.

3. Sesuaikan kembali jadwal kerja

Buatlah to do list di agenda digital atau manual kamu. Dengan begitu, kamu bisa membereskan pekerjaan yang menumpuk sekaligus mengatur jadwal.

4. Desain ulang lingkungan kerja

Buat ruangan kerja kamu lebih rapi dan nyaman agar dapat meningkatkan produktivitas dan suasana positif. Susun kembali berkas maupun barang-barang di meja kerja, bila perlu dekorasi ulang juga meja dengan perlengkapan baru.

5. Siapkan self reward

Untuk terus memotivasi diri, self reward kecil-kecilan perlu diberikan agar kamu tetap semangat menjalani rutinitas. Coba lakukan pijat refleksi sebagai hadiah buat diri sendiri. Pijat refleksi juga bisa melepaskan energi negatef dalam pikiran.

Itulah lima langkah mudah untuk menghindari post holiday blues agar tetap bersemangat kerja.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family